Rekap Singkat Drako Paruh Pertama 2016

Tahun 2016 ini mungkin frekuensi saya nonton dan jumlah drako yang saya tonton meningkat tajam. Dan sejauh ini, saya bisa bilang kalau tahun 2016 adalah tahun yang seru banget buat drako. Variasi temanya juga lumayan banyak. Gak melulu romcom.

Nah, buat paruh pertama 2016 ini, drako terbaik (versi saya tentunya, walaupun belum tentu yang disebutkan adalah favorit juga) disapu bersih oleh lini Jumat-Sabtu saluran tvN. Berdasarkan periode tayangnya:

reply family

Reply 1988 (응답하라 1988) (tayang 6 November 2015 – 16 Januari 2016)
Ulasan lengkapnya sudah pernah saya terbitkan di sini .

 

Signal

Signal (시그널) (tayang 22 Januari – 12 Maret 2016) – Currently watching
Banyak yang menuliskan kalau drama ini berdasarkan pembunuhan berantai di Hwaseong, Gyeonggi seperti film “Memories of Murder”. Saya bilang antara ya dan tidak sih. Pembunuhan berantai Hwaseong cuma salah satu kasusnya. Semua kasus yang ditampilkan berdasarkan kasus-kasus kejahatan yang tidak terpecahkan. Signal juga mengingatkan akan film “Frequency” yang pake medium walkie talkie untuk berkomunikasi dengan masa lalu, tapi karena Signal berdasarkan kasus-kasus di dunia nyata, ini sama sekali nggak terasa seperti menjiplak

Walaupun Lee Je Hoon dikritik karena aktingnya diangap lebay, tapi doi tetep oke kok. Masih relevan dengan feel dramanya. Dan walaupun Kim Hye Soo sama bagusnya, Jo Jin Woong is the scene stealer for me, though. Paduan karakter yang emosional, canggung tapi keukeuh dibawain pas banget sama Jo Jin Woong. Cakep lah.

 

Dear My Friends

Dear My Friends (디어 마이 프렌즈) (tayang 3 Mei – 2 Juli 2016)
Yang ini ulasannya masih sekedar berupa niatan, entah kapan mau mulainya.

Selain “Reply 1988”, DMF adalah drama lain yang sukses bikin mewek hampir di tiap episode-nya. Sangat menyegarkan menikmati gerombolan nenek-nenek lucu di antara lautan muka licin yang terobsesi dengan kemudaan. DMF nyikat abis feminisme banal ala “Sex And The City” yang ultimate goal-nya ternyata cuma ngejar kebahagiaan ala Cinderella dan pangeran pujaan hati. Rrrr….

I love all the casts, but if I have to pick, my favourites would definitely be Na Moon Hee & Lee Kwang Soo. Kwang Soo ini sebenernya aktor watak yang mumpuni (one of the best in my personal opinion), sayang kemampuannya ini ketutupan image Running Man-nya yang bodor.

Kalau sesama cowok ada istilah bromance, mungkin di DMF harusnya ada istilah buat ibu & anak. Gimana Min Ho (Lee Kwang Soo) memperlakukan emaknya (Kim Hye Ja) bener-bener bikin meleleh.

Sedangkan karakter Moon Jung Ah (Na Moon Hee) ini mengingatkan saya pada wawancara Joni Mitchell di Woman of Heart and Mind. Dia bilang salah satu alasan kenapa dia (sempat) memutuskan tidak mau menikah adalah karena dia gak mau jadi kayak maknya, seniman terpendam yang setres karena gak bisa melakukan apa yang dia mau terjebak dalam beban ke-istri-an dank ke-ibu-annya. Cita-cita Jung Ah adalah jalan-jalan keliling dunia bareng Hee Ja (Kim Hye Ja) ala-ala Thelma & Louise.

The Good Wife

The Good Wife (tayang 8 Juli – 27 Agustus 2016) – Currently airing
Ini harusnya masuk paruh ke-2 sih ya, tapi secara di perbatasan masukin aja deh sekalian. Saya pilih ini lebih karena faktor rapih. Ya produksi ya akting, terutama Nana (After School) & Yoon Kye Sang (G.O.D). Dua-duanya berawal dari anggota idol group. Kalau Jeon Do Yeon & Yoo Ji Tae ya udah lah ya, secara mereka emang aktor kawakan. But Nana is the biggest surprise for me.

Untuk cerita sebenernya biasa aja. Kadang greget kadang biasa aja, tapi tetap konsisten. Sepertinya juga cukup patuh pada versi US-nya.

Nah, dari paruh pertama drako lini Jumat-Sabtu-nya TvN, cuma “Memory” yang gak ketonton. Mungkin saya akan coba ngintip nanti, apalagi yang main Lee Sung Min.

Lanjut ke drama lainnya. Di paruh pertama ini saya juga suka:

Marriage Contract

Marriage Contract (결혼계약) – MBC (tayang 5 Maret – 24 April 2016)
Cuma ada satu kata: UEE!

UEE is probably the best idol turns actor so far. Saya dulu gak suka banget liat UEE, mukanya aneh, kebanyakan oplas kayaknya. But I’m a fan now. Turns out she’s a really great actor. Di atas kertas harusnya Lee Seo Jin sama UEE gak pas, tapi justru chemistry mereka dapet banget. Beda umur yang jauh juga gak bikin dropshay (not that it matters).

 

 

Uncontrollaby Fond

Uncontrollably Fond (함부로 애틋하게) – KBS2 (tayang 6 Juli – 8 September 2016) – Currently airing
Yang ini saya gak bisa jelasin kenapa, apalagi dengan segambreng elemen Makjang tumplek bleg di sini. Alasan yang paling kuat mungkin chemistry Kim Woo Bin & Suzy yang pas, di luar akting yang kadang-kadang rada lempeng. They just work.

Eh tapi gak secemen itu juga kok. UF juga kadang-kadang nyentil isu sosial bahkan politik. Kayak di episode 12 si Choi Ji Tae (Lim Ju Hwan) nyikat bapaknya dengan bilang, “Is romanticising violence for convenience and ruining their livelihoods for the sake of the majority what you call justice, Congressman?” Dwar!

 

Master - God Of Noodles

Master: God of Noodles (마스터-국수의 신) – KBS2 (tayang 27 April – 30 Juni 2016)
MGON ini adaptasi komik Guksuui Sin. Ceritanya sebenernya biasa aja, tapi sinematografi & musiknya mungkin yang terbaik di paruh pertama 2016. Rasanya gelap dan gambarnya udah kayak buat film bioskop. Di aspek itu, MGON jadi salah satu favorit saya bersama “Heard It Through The Grapevine” (SBS – 2015).

Six Flying Dragons

Six Flying Dragons (육룡이 나르샤) – SBS (tayang 5 Oktober 2015 – 22 Maret 2016)
Saya gak pernah suka Sageuk (drama sejarah) sebenernya. Tapi 6FD ini baunya revolusi banget, rasanya hampir kayak “Les Miserables” versi Korea, walaupun gak sampai bikin mewek-mewek. 50 episode 50 episode deh gue pantengin. Untung ada Byun Yo Han mai laff hahaha. Oh ya, Byun Yo Han ini juga salah satu aktor watak yang itungannya baru. Sayang doi juga tergolong underrated, walaupun kadarnya gak separah Lee Kwang Soo.

Wanted

Wanted (원티드) – SBS (tayang 22 Juni – 18 Agustus 2016)
Wanted ini plot-nya ketat dan akhir setiap episode hampir selalu gak ketebak. Walaupun gak se-natural Signal dari segi akting tapi Wanted sama-sama bikin tegang cyin!

Beberapa drama lain yang saya ikutin hanya karena… cowok-cowoknya (yes, forgive me for the female gaze).

kinopoisk.ru

Oh My Venus (오 마이 비너스) – KBS2 (tayang 16 November 2015 – 5 Januari 2016)
OMV sebenernya bisa jadi tayangan yang lebih feminis deconstructing the female body image, apalagi di Korea Selatan yang terobsesi dengan S body line. Sayangnya OMV entah memang tidak berniat ke sana atau sepertinya cuma setengah hati melakukan itu.

Goodbye Mr. Black

Goodbye Mr. Black (굿바이 미스터 블랙) – MBC (tayang 16 Maret – 19 Mei 2016)
I stayed for Lee Jin Wook though the story was crappy. Still, nothing is crappier than… I’ll get to that later.

Lucky Romance

Lucky Romance (운빨로맨스) – MBC (tayang 25 Mei – 14 Juli 2016)
Ini juga romcom gitu aja sih. Ceweknya makin lama makin gengges, tapi ditahanin deh demi Ryu Joon Yeol. Oh right, another rising aktor yang bunglon juga

Doctors

Doctors (닥터스) – SBS (tayang 20 Juni – 23 Agustus 2016)
Sayangnya
Doctors gak bisa jadi sebagus Emergency Couple. Padahal drama dengan latar belakang medis bisa banget ngangkat banyak isu kemanusiaan, sosial & politik, tapi kayaknya Doctors milih untuk setia di jalur romantis aja. Jadi suka gak ada gregetnya. This one, I stayed for Kim Rae Won. Well, the other actors are kind of fun to watch too.

And the worst drama (probably ever) goes to…. *drumroll*

Descendants Of The Sun

Descendants of the Sun (태양의 후예)! – KBS2 (tayang 12 Februari – 14 April 2016)
Drama ini sumpah jeleknya alaihim salam. Dari episode 1 udah gak sreg sebenernya, tapi ditahan-tahanin sampe episode 3. Setengah jalan episode 3 muak yuk dadah babay rasanya pengen lempar laptop.

Gak ngerti banget kenapa drama ini meledak banget, rating tinggi, blab la bla. Gue lebih curiga ini adalah hasil strategi marketing gila-gilaan dengan promo lebay yang bilang drama ini akan jadi drama yang “ter” di tahun 2016. Song Hye Kyo emang itungannya A-list, tapi kayaknya Song Joong Ki belum segitunya deh sebelum ini. Apalagi dibanding Lee Kwang Soo & Byun Yo Han, aktingnya gak ada secuil ujung kukunya cyiiin. Kalo ngomongin cakep juga masih ada segambreng aktor lainnya yang cakepnya aujubilah. Jadi beneran gak ngerti fenomena Joong Ki dan Song-Song couple ini, yang gak ada chemistry-nya pulak.

Ceritanya sampah (seperti drama sebelumnya dari si penulis ini, The Heirs). Si Kim Eun Sook ini kayaknya seneng ide semacam ini, ‘style over substance’. Yang penting gayanya keren doang.

Yang paling bikin muak sebenernya karena drama ini pretentious tapi super banal & superficial. Latar belakang militer cuma dipake buat hiasan. Kedalamannya aja gak ada, apalagi mau ngomongin political view, yang saya curiga suka dipake sama si Eun Sook buat, again, gaya-gayaan (just checked the synopsis of “City Hall” & “Lovers In Prague”). Musuh mereka pun tipikal bentukan barat, US to be exact.

Yang bikin jijik ada adegan di episode 3, segerombolan anak-anak mengais-ngais area di sekitar base camp si dokter-dokter ini, terus satu anak nemuin minuman plastik lama dan diminum. Loncatlah si dokter cantik super kinclong ke luar sambil bilang itu kotor dan menyodorkan snack bar-nya. Dan merubunglah anak-anak lain dengan muka cemong-cemong mengemis snack bar ke dokter kinclong yang kemudian diomelin tentara kinclong Joong Ki yang bilang “jangan lo kasih kalo lo gak punya buat semuanya”. Cefuk! Antara pengen ngasih jari tengah atau jambak rambut dua-duanya gak ngerti aku harus bagaimana.

Kayaknya adegan itu yang bikin gue beneran berhenti nonton ni drama dan gak sudi nengok-nengok lagi. This is a remake of classic 80s Hollywood’s American heroism.

Lanjut ke paruh ke-2 tahun 2016.

Dari akhir paruh pertama menuju ke awal paruh ke-dua sepertinya dunia drako lagi kelimpahan drama-drama bagus. Musim ini aja saya lagi nonton 7! Yang 5 sama ok-nya (termasuk Uncontrollaby Fond, Wanted & The Good Wife) yang 2 so-so lah (Doctors & Second To Last Love (SBS, tayang 30 Juli – 18 September 2016)).

2 lagi yang jadi favorit di luar 3 yang udah disebutkan di atas adalah:

Age Of Youth

Age of Youth (청춘시대) – JTBC (tayang 22 Juli – 27 Agustus 2016) – Currently airing
AOY cerita tentang dunia sehari-hari cewek-cewek kuliahan & their personal struggles. Dari sekedar naksir cowok, gaya pakaian, komunikasi, sampai sexual objectification, female sexuality. AOY sebenarnya cukup kental berbalut feminisme, tapi disampaikan dengan cara yang sangat halus. Sampai sejauh mana konsistensi mereka, kayaknya harus nunggu sampai drama ini habis tayang.

Oh ya, ini kurpen tapi saya juga suka pasangan-pasangan di AOY ini; Han Ye Ri – Yoon Park, Hwa Young – Yoon Jong Hoon (walaupun ini judulnya bukan pasangan. So far) & Park Hye Soo – Shin Hyun Soo.

W - Two Worlds

W: Two Worlds (더블유) – MBC (tayang 20 Juli – 8 September 2016) – Currently airing
Drama fantasi seru tentang 2 dunia nyata dan manhwa (komik). Efek visualnya udah kayak film aja. Ceritanya seru tapi curiga masuk ke tengah akan lebih banyak unsur komedi romantisnya. Semoga nggak. Yang paling gak tahan buat diliat adalah… muka-nya Lee Jong Suk! Duh udah lah mukanya gitu, aktingnya kayak pose melulu lagi. Semacam mannequin kalo kata temen gue.

Menanti di paruh kedua 2016:

PhotoGrid_1470952210923

My Wife’s Having an Affair This Week (이번 주, 아내가 바람을 핍니다) – JTBC (rencana tayang Oktober 2016)
Baru dengar berita beberapa hari lalu, drama ini remake dari drama Jepang dengan judul sama. YAAASSS!!! Lee Sun Gyun & Song Ji Hyo adalah 2 aktor Korea kesukaan saya. Sayangnya sama kayak Lee Kwang Soo, kemampuan akting Song Ji Hyo ketutupan image Running Man-nya. I’d love to see how she’ll improve being paired with Lee Sun Gyun. Laff laff laff!!!

PhotoGrid_1470934873231

Entourage (안투라지) – tvN (rencana tayang Oktober 2016)
Remake dari Entourage US, yang saya gak tonton juga. Tapi yang ini pasti saya tungguin. Main casts-nya… laff! Seo Kang Joon, Jo Jin Woong, Lee Kwang Soo, Lee Dong Hwi. Waini!

PhotoGrid_1470952650979

Goblin (도깨비) – tvN (rencana tayang Desember 2016)
The casts are to die for! All are my faves. Gong Yoo & Lee Dong Wook in the same frame? UBER LAFF!!! Matik aja eke mak! Ditambah Kim Go Eun, can it get any better? Sayangnya penulisnya adalah si Kim Eun Sook yang demen nulis drama pretencious & superficial macam DotS & The Heirs (I promised myself not to rant but there I go again). Story looks questionable too.

Dari Asianwiki:

“Dokkaebi (Gong Yoo) needs a human bride to end his immortal life. Meanwhile, the Angel of Death has amnesia. Somehow these two meet and live together. They see off those who have passed away and are now leaving this world.” Rrr…

Tapi tapi tapi… gak mungkin gue ngelewatin muka-muka ini *siap-siap tabung oksigen*

Jealousy Incarnate

Jealousy Incarnate (질투의 화신) – SBS (rencana tayang 24 Agustus – 10 November 2016)
JI akan gantiin Wanted yang akan selesai masa tayangnya minggu depan. As if Jo Jung Suk & Gong Hyo Jin are not enough reason, they have to add Go Kyung Pyo to the casts line up. Laaafff banget! Preview-nya sih unyu banget.

After The Show Ends

After the Show Ends (연극이 끝나고 난 뒤) – tvN (tayang 2 Juli – 20 Agustus 2016)
Just found out about it. Trus browsing-browsing belum ada yang punya subtitle-nya 😦 Konsepnya keliatan agak ngebingungin, sedikit mengingatkan pada WGM. Tunggu sub aja deh cyin!

On The Way To Airport

On the Way to Airport (공항 가는 길) – KBS2 (rencana tayang 14 September – 3 November 2016)
Not really a fan of the casts, tapi ini dari sutradaranya “Emergency Couple”, gimana mungkin gue sekip-in?

PhotoGrid_1470934605496

Blow Breeze (불어라 미풍아) – MBC (rencana tayang 27 Agustus 2016)
Hadeuh tapi ini family drama 50 episode, tapi lagi, ini Son Ho Joon sama Im Ji Yeon. Dilema.

Cinderella And The Four Knights

Cinderella and the Four Knights (신데렐라와 네 명의 기사) – tvN (rencana tayang 12 Agustus – 1 Oktober 2016)
Yang ini hanya karena ada Lee Jung Shin (CN BLUE) aja sih di dalamnya.

Our Gab Soon

Our Gab Soon (우리 갑순이) – SBS (rencana tayang 27 Agustus 2016 – 12 Februari 2017)
Cuma mau liat reuninya SoRim (Song Jae Rim – Kim So Eun) couple LMAO

Saimdang

Saimdang, Light’s Diary (사임당, 빛의 일기) – SBS (rencana tayang 1 Oktober 2016 – 8 Januari 2017)
Again, not really into Sageuk, but I will check it out just because it’s Lee Young Ae’s. Dia terakhir muncul tahun 2005 di film Sympathy For Lady Vengeance, trus ilang. Then there is the gorgeous Song Seung Hoon. Yuk cus!

Jauhan lagi di 2017 udah ngekerin:

PhotoGrid_1470935036418

Tomorrow With You (내일 그대와) – tvN (2017)
Dari premisnya seperti remake The Time Traveler’s Wife, tapi belum tau juga. Belum ada sinopsis yang nongol di media. Whatever. It’s Lee Je Hoon FTW!

PhotoGrid_1470935266105

The Package (더 패키지) – JTBC (2017)
Tadinya cuma tau ini bakalan ada Jung Yong Hwa (CN BLUE). Eh tapi begitu cekidot Asianwiki ada Yoon Park juga. Count me in!

Fiuh! Panjang juga ya ternyata ni daftar. Yak sekian rekap drako paruh pertama tahun 2016. Will be back with k-drama recap at the end of the year. Fighting!

Leave a comment